Senin, 21 Mei 2018

Memanfaatkan Azolla Sebagai Pakan Ikan

Saat ini para pembudi daya ikan sudah mulai memberikan pakan pengganti atau pun pakan tambahan untuk ikan yang dibudidayakannya. Selain untuk menghemat biaya produksi, pakan pengganti ikan ini juga lebih kaya gizi dan nutrisi daripada pelet pabrikan.
Begitu banyak jenis pakan ikan yang bisa dibudidayakan bersamaan dengan budi daya ikan yang Anda lakukan. Salah satunya adalah azolla.
Kandungan azolla yang cukup tinggi yaitu 31,25% protein, 6,5% karbohidrat, 7,5 % lemak, 13% serat kasar dan 3,5 % gula terlarut sehingga baik dijadikan pakan alternatif. 
Azolla merupakan tumbuhan paku air yang daunnya mengapung di permukaan dan akarnya menggantung di bawah air. Azolla termasuk tanaman paku yang mudah dibudidayakan dan cepat pertumbuhannya. Jenis ikan yang dapat diberi pakan alternatif azolla merupakan ikan jenis herbivora yaitu ikan gurami, ikan mas, ikan tawes, ikan karper, ikan lele, ikan nila dan lainnnya. Berikut hal yang harus diperhatikan untuk membudidayakan azolla :

Persiapan Kolam
Azolla bisa dibudidayakan di dalam kolam tanah atau pun kolam terpal dengan ukuran minimal 2m x 1m. Azolla sebaiknya ditempatkan pada kolam yang sesuai habitatnya, kolam tanah sebaiknya di rawa dan sawah, sedangkan pada kolam terpal sebaiknya diberi lumpur.

Media Kolam Bibit Azolla
  1. Sebelum bibit azolla dimasukkan dalam kolam, Anda harus mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut:
  2. Persiapkan media berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau urea dengan ketebalan sekitar 5cm.
  3. Kolam diisi air dengan ketinggian antara 5cm รข€“ 15cm dari lumpur.
  4. Kolam dibiarkan sekitar dua minggu sampai pupuk terfermentasi sempurna baru kemudian bibit azolla bisa dimasukan ke dalam kolam.
Pemeliharaan Azolla
  1. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pertumbuhan azolla yang baik:
  2. Tambahkan 50ml/m2 probiotik biocatfish setiap dua hari sekali.
  3. Pemberian nutrisi tambahan menggunakan SP36 15gr/m2 atau satu sendok makan.
  4. Menggunakan pupuk kandang yang sudah direndam dalam air selama dua minggu da tidak mengeluarkan bau lagi. Penggunaannya yaitu dengan melarutkan 10 gram pupuk kandang ke dalam air untuk disiramkan pada 1 m2 dan lakukan pemupukan satu minggu sekali.
Penebaran Bibit Azolla
Penebaran bibit azolla yang ideal adalah sekitar 50 gram-70 gram per meter persegi. Kemudian diamkan sampai sekitar dua minggu atau lebih dan tetap menjaga ketinggian air.

Panen Azolla
  1. Azolla yang sehat memiliki kecepatan pertumbuhan 35% per hari. Pada umumnya azolla dapat dipanen dalam waktu 5-15 hari.
  2. Sebaiknya pemanenan dilakukan hanya 50% azolla saja. Agar azolla tetap berkembang. Selanjutnya azolla bisa dipanen setiap 1-2 minggu sekali.
  3. Ikan dapat mengonsumsi azolla dalam bentuk segar atau dalam bentuk tepung yang diformulasikan dengan bahan pakan lain menjadi pelet. Pemberian azolla sebagai pakan ikan dalam bentuk segar ke dalam kolam sebaiknya menggunakan azolla muda yang berumur sekitar 20 hari dengan dosis 50-80% dari berat badan ikan setiap harinya.



Previous Post
Next Post

0 komentar: