Rabu, 29 Juni 2016

PEMBENIH IKAN LELE DI KARANGANYAR SEPAKAT GUNAKAN INDUK BERSERTIFIKAT

PEMBENIH IKAN LELE DI KARANGANYAR 
SEPAKAT GUNAKAN INDUK BERSERTIFIKAT


Karanganyar – Kab. Purbalingga.  Para pembenih ikan khususnya ikan Lele sepakat  menggunakan induk bersertifikat untuk kemajuan perikanan di Kec. Karanganyar.  Hal ini di sepakati pada saat diskusi Forum Komunikasi Perikanan LABAN SARI Kec. Karanganyar beberapa waktu yang lalu.  Kesepakatan ini didasari oleh kesadaran para pembenih untuk meningkatkan kualitas benih dan keberlangsungan usaha pembenihannya.  Jika benih yang dihasilkan baik dan bagus maka akan banyak para pembesar lele yang membeli benihnya, tetapi jika benih yang dihasilkan jelek dan kurang baik maka benihnya kurang diminati dan usahanya tidak akan bertahan lama. 
Faktor lain yang mendasari adalah kesadaran untuk memperoleh keuntungan secara bersama-sama, tidak hanya pembenih saja yang untung tetapi pendeder dan pembesar juga bisa mendapatkan untung yang relatif besar.  Dengan kualitas benih ikan lele yang baik dan bagus sudah bisa dipastikan waktu pemeliharaan akan lebih singkat dan akan mengurangi biaya pakan/pelet.  Berkurangnya pakan/pelet yang digunakan inilah yang bisa mengurangi biaya pengeluaran/produksi sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.
LABAN SARI merupakan Forum Komunikasi Perikanan tingkat Kecamatan Karanganyar yang terbentuk pada tanggal 16 Mei 2016 yang lalu.  Jumlah anggota sebanyak 16 orang yang terdiri dari pembenih, pendeder, pembesar dan pedagang ikan yang berdomisili di wilayah Kec. Karanganyar. Terbentuknya forum ini merupakan inisiatif dari pelaku utama (pembenih, pendeder dan pembesar ikan lele); pelaku usaha (pedagang ikan) dan Penyuluh Perikanan wilayah Kec. Karanganyar.  Dari hasil diskusi pada saat anjangsana dengan beberapa pembudidaya ikan dan pedagang ikan ternyata masih ada kesenjangan dan punya keinginan untuk maju dan berhasil dalam menjalankan usaha khususnya ikan lele. 
Forum yang masih baru terbentuk ini akan mengadakan pertemuan rutin tiap bulan di kediaman para anggotanya dengan giliran berdasarkan hasil arisan.  Program kerja berikutnya adalah mengajukan permohonan bantuan mesin pelet ke instansi Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Purbalingga.  Mesin pelet akan sangat berguna bagi anggota karena bisa menekan pengeluaran biaya pakan/pelet pabrikan yang makin hari makin mahal. 
Harapan dengan adanya forum ini adalah makin bersatunya para pelaku utama dan pelaku usaha perikanan, akan memajukan perikanan di wilayah Karanganyar dan sekitarnya.  Dengan slogan Mayuh Bareng-bareng”, para anggota dari perkumpulan ini akan selalu terbuka dan siap bekerjasama.  Semoga dengan adanya forum ini akan membawa manfaat bagi seluruh anggota serta kemajuan dan perkembangan perikanan di Kec. Karanganyar di masa mendatang.

Kontributor : PRIYA KUSUMAYADI, S.Pi. Penyuluh Perikanan PNS Kec. Karanganyar.
Previous Post
Next Post

0 komentar: