Rabu, 29 Juni 2016

"LABAN SARI " FORUM KOMUNIKASI PERIKANAN KEC. KARANGANYAR

FORUM KOMUNIKASI PERIKANAN KEC. KARANGANYAR TELAH TERBENTUK


Karanganyar – Kab. Purbalingga.  Forum Komunikasi Perikanan Kec. Karanganyar dengan nama LABAN SARI belum lama ini telah terbentuk, tepatnya pada hari Jumat tanggal 16 Mei 2016. Pembentukan forum ini dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kec. Karanganyar dengan dihadiri oleh para pembudidaya ikan, paguyuban pedagang ikan, Penyuluh Perikanan Kec. Karanganyar dan Kepala BP3K Kec. Karanganyar.  Adapun hasil kesepakatan dalam forum tersebut telah ditetapkan kepengurusan periode 2016-2020 dengan susunan sebagai berikut.



Penasehat
Drs. Mohammad Najib
(Camat Karanganyar)

Suparmono
(Kepala BP3K Kec. Karanganyar) 

Ketua
Mohammad Adi Kurniawan
(Pembesar ikan di desa Bungkanel)

Sekretaris
Tri Laksono Joko
(Pendeder ikan di desa Karanganyar)

Bendahara
Sodik
(Pembesar ikan di desa Jambudesa)

Anggota



Akhmad Mukhlison
(Pedagang ikan di desa Banjarkerta)

Tobingi
(Pedagang ikan di desa Jambudesa)

Fadlul
(Pembenih ikan di desa Karanganyar)

Andri
(Pembenih Ikan di desa Bungkanel)

Agus Priyono
(Pendeder ikan di desa Maribaya)

Suratno
(Pembesar ikan di desa Ponjen)

Mubarok
(Pembesar ikan di desa Ponjen)

Suiki Kusnadi
(Pembesar ikan di desa Kaliori)

Yitno
(Pembesar ikan di desa Maribaya)

Duhroni
(Pembesar ikan di desa Maribaya)

Mugiono
(Pembesar ikan di desa Kabunderan)

Muslih
(Pembesar ikan di desa Jambudesa)
 
 Pendamping    : Priya Kusumayadi, S.Pi.          (Penyuluh Perikanan Kec. Karanganyar)

Terbentuknya forum ini merupakan inisiatif dari pembudidaya ikan (pembenih, pendeder dan pembesar ikan lele); pelaku usaha (pedagang ikan) dan Penyuluh Perikanan wilayah Kec. Karanganyar.  Dari hasil diskusi pada saat anjangsana dengan beberapa pembudidaya ikan dan pedagang ikan ternyata masih ada kesenjangan dan punya keinginan untuk maju bersama dan berhasil dalam menjalankan usaha khususnya ikan lele.
Kesepakatan yang sudah dibahas dalam forum ini adalah antara lain : pembenih ikan lele wajib menggunakan Induk Lele bersertifikat, pertemuan rutin diadakan sebulan sekali dengan giliran sesuai arisan, dan membuat/mengajukan proposal bantuan mesin pelet ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Purbalingga serta harapan di masa datang akan terbentuk koperasi perikanan.  Mesin pelet akan sangat berguna bagi anggota karena bisa menekan pengeluaran biaya pakan/pelet pabrikan yang makin hari makin mahal.
Harapan dengan adanya forum ini adalah makin bersatunya para pelaku utama dan pelaku usaha perikanan, akan memajukan perikanan di wilayah Karanganyar dan sekitarnya.  Dengan slogan “Mayuh Bareng-bareng”, para anggota dari perkumpulan ini akan selalu terbuka dan siap bekerjasama.  Semoga dengan adanya forum ini akan membawa manfaat bagi seluruh anggota serta kemajuan dan perkembangan perikanan di Kec. Karanganyar di masa mendatang.


Kontributor : PRIYA KUSUMAYADI, S.Pi. Penyuluh Perikanan PNS Kec. Karanganyar - Kab. Purbalingga

Previous Post
Next Post

0 komentar: