Minggu, 20 Februari 2022

PERBEDAAN IKAN AIR TAWAR DAN IKAN AIR LAUT

Berdasarkan habitat hidupnya, ikan dibedakan enjadi 2, yaitu ikan air tawar dan ikan air laut.

contoh ikan air tawar adalah lele, gurami, mas, nila dll. sedangkan coontoh ikan air laut adalah slmon, tuna, kakap, tengiri, kerapu dll.
berikut ini kami sajikan perbedaan antara ikan air tawar dan ikan air laut :


Rasa

Soal rasa, kedua jenis ikan tersebut memiliki cita rasa yang khas. Biasanya, ikan laut memiliki rasa gurih yang lebih alami karena habitatnya berada di dalam air asin. Jadi, hanya memerlukan bumbu yang sederhana untuk menghasilkan hidangan ikan laut yang lezat. Berbeda dengan ikan laut, diperlukan berbagai bumbu untuk membuat aroma dan rasa lebih kuat untuk mengolah ikan air tawar. Proses pengolahan yang kurang tepat dapat menyebabkan ikan air tawar menghasilkan aroma yang kurang sedap seperti bau lumpur. Nah, tips jitu untuk mengatasi hal ini adalah jeruk nipis atau lemon sebagai bumbu lumur sebelum memasak ikan air tawar ini.


Duri

Faktor lingkungan tentunya mempengaruhi struktur tulang dari setiap makhluk hidup. Ikan laut sudah terbiasa berenang di arus yang sangat kuat sehingga ikan laut memiliki struktur tulang/duri yang berukuran besar. Sebaliknya, jenis ikan air tawar terbiasa di arus yang tidak terlalu kencang, sehingga tulang/durinya lebih kecil dan halus bila dibandingkan dengan ikan laut. 

Kandungan nutrisinya (Omega 3 dan Iodin)

Mengonsumsi daging ikan dapat mencerdaskan otak? Tentu saja! Karena ikan mengandung Omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan sel-sel otak. Nah, baik ikan air tawar maupun ikan laut, keduanya sama-sama memiliki kandungan omega 3. Namun Ikan laut memiliki kandungan omega 3 yang lebih tinggi karena ikan laut berupaya mempertahankan suhu tubuh dengan kandungan lemak/minyak yang tetap cair pada suhu laut dalam yang sangat rendah. Selain itu, kandungan iodin pada ikan laut juga lebih tinggi dibandingkan pada ikan air tawar.

Itu dia beberapa perbedaan tentang ikan laut dan ikan air tawar yang perlu diketahui. Keduanya tetap enak kok bila diolah dengan cara yang benar. Dan yang paling penting,  harus selalu memastikan kalau ikan yang hendak diolah itu masih dalam keadaan segar ya!


Previous Post
Next Post

0 komentar: