Selasa, 20 Desember 2022

BUDIDAYA IKAN GURAMI DI KOLAM TERPAL



Salah satu bidang yang mendapatkan pengaruh sangat baik dari perkembangan teknologi yang satu ini adalah budidaya ikan tawar. Jika dulu untuk membudidayakan ikan tawar harus membuat sebuah kolam dari tanah atau dari beton yang membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya dan biaya yang tidak sedikit, namun kini Anda sudah bisa menggunakan kolam terpal sebagai sarana budidaya ikan tawar.
Terpal merupakan salah satu sarana kolam terbaik yang banyak digunakan para pembudidaya beberapa tahun terakhir.Selain harganya yang lebih murah, ternyata budidaya dengan menggunakan kolam terpal juga tidak menurunkan kualitas dari ikan yang dihasilkan. Ikan gurame menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan. Bahkan, budidaya ikan gurame di kolam terpal merupakan salah satu solusi terbaik baik Anda yang memiliki modal pas-pasan namun ingin membuat usaha budidaya ikan gurame. Dengan memanfaatkan terpal sebagai sarana kolam ikan, maka Anda bisa menghemat biaya pembuatan kolam. Akan tetapi, untuk melakukan budidaya ikan gurame di kolam terpal juga tidak boleh sembarangan.
Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar budidaya ikan gurame yang Anda lakukan bisa menghasilkan kualitas yang unggul, yakni sebagai berikut.
Menentukan Jenis Kolam Terpal yang Akan Digunakan
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk budidaya ikan gurame di kolam terpal ialah dengan menentukan jenis kolam terpalnya terlebih dahulu. Ada beberapa jenis kolam terpal yang bisa Anda gunakan seperti kolam yang dibuat dari rangka kayu ataupun pipa, kolam yang dibuat dari tumpukan bata dan kolam yang dibuat dengan menggali tanah terlebih dahulu lalu kemudian ditutup terpal pada bagian atasnya.Masing-masing dari kolam tersebut memiliki kelebihan. Seperti contohnya Anda bisa menggunakan kolam dengan menggunakan tanah sebagai dindingnya. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban terpal saat menahan air.

Menentukan Ukuran Kolam Terpal
Langkah selanjutnya yakni dengan menentukan ukuran kolam terpal itu sendiri. Untuk ukuran kolam yang dibutuhkan, hal ini bergantung pada luas lahan yang Anda miliki serta jumlah benih ikan gurame yang akan Anda budidayakan. Tentunya, semakin banyak benih gurame yang akan dibudidayakan, maka semakin luas kolam terpal yang harus dibuat.
Persiapkan Kolam
Setelah kedua poin di atas sudah siap, maka langkah berikutnya yaitu menyiapkan berbagai macam kebutuhan yang dibutuhkan untuk membuat kolam terpal. Setelah kolam terpal tersebut selesai dibuat, jangan lupa untuk membersihkannya sampai bersih terutama untuk permukaan terpal yang pastinya mengandung berbagai macam bahan kimia.
Isi Kolam dengan Air yang Tepat
Mengisi air kedalam kolam juga harus diperhitungkan dan tidak boleh sembarangan. Hal ini bertujuan agar benih ikan yang dibudidaya dapat tumbuh dengan baik. Seperti contohnya apabila Anda menggunakan kolam terpal dengan panjang 4 meter lebar 2 meter dan tinggi 1 meter, maka air yang harus diisikan yakni setinggi 50 hingga 75cm.
Setelah diisi air, jangan langsung memasukkan benihnya. Tunggu hingga kira-kira 1 minggu lamanya.
Memasukkan Benih Ikan Gurame
Nah, jika semua hal tersebut sudah siap, maka Anda bisa langsung memasukkan benih ikan gurame ke dalam kolam. Untuk jumlah ikan yang akan dimasukkan ke dalam kolam juga harus disesuaikan dengan ukuran kolam tersebut. Dimana untuk setiap kolam terpal dengan ukuran 4x2x1 meter makan jumlah benih ikan yang bisa Anda masukkan sekitar 200 ekor. Dalam budidaya ikan gurame di kolam terpal, pilihlah benih ikan gurame yang memiliki usia 2 bulan agar bisa beradaptasi suhu yang ada di dalam kolam terpal.
Berikan Pakan yang Tepat dan Kaya Nutrisi
Dalam memberikan pakan ikan gurame juga tidak boleh sembarangan. Tentu saja, kualitas pakan yang diberikan kepada ikan gurame juga menentukan kualitas ikan nantinya. Oleh sebab itu, pilihlah pakan ikan yang sesuai dengan usia ikan agar nutrisi dapat terserap dengan sempurna. Pilihlah pelet ikan dengan kandungan protein sebanyak 25% hingga 30%.
Berilah Makanan Tambahan
Meski Anda memberikan pakan ikan secara rutin, namun memberikan makanan tambahan seperti vitamin juga sangat penting agar ikan tidak mudah lemas dan dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Namun, Anda juga harus memperhatikan takaran makanan tambahan yang harus diberikan dan tidak perlu berlebihan karena hal tersebut malah bisa memberikan dampak negatif bagi ikan yang dibudidaya.
Memberikan Pakan Secara Rutin dan Tepat Waktu
Langkah selanjutnya ialah dengan memberikan pakan secara rutin setiap harinya. Beri pakan ikan gurame saat pagi dan sore hari. Jangan sampai Anda lupa untuk memberikan pakan ikan karena hal tersebut juga berakibat pada pertumbuhan ikan nantinya.
Memasukkan Eceng Gondok
Jika pada perairan alami eceng gondok dapat tumbuh dengan mudah, namun tidak jika berada di dalam kolam terpal. Dimana Anda harus meletakkan eceng gondok untuk mengurangi efek suhu yang terlalu tinggi di dalam kolam karena sinar matahari. Selain itu, eceng gondok juga sangat baik untuk menyerap logam berat yang ada di dalam kolam sehingga kesehatan ikan gurame tetap terjaga.
Menjaga Kebersihan Kolam
Selain Anda harus memperhatikan nutrisi pada saat budidaya ikan gurame di kolam terpal, menjaga kebersihan kolam juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh untuk Anda lupakan. Bersihkan kolam secara rutin jika dirasa air sudah keruh dan warna mulai pekat. Buang sisa makanan dari ikan gurame dan dedaunan yang jatuh agar tidak mengotori kolam. Berikan juga sanitizer setiap 2 minggu sekali untuk membunuh kuman penyakit yang tumbuh di dalam kolam.
Memasang Saringan Air
Tentu saja membersihkan air secara terus menerus mungkin bisa dibilang cukup merepotkan. Akan tetapi, Anda bisa memasang saringan air untuk menjaga kebersihan kolam ikan tersebut dan Anda tidak perlu membersihkannya berulang kali.

Menjaga pH Air
Jaga kualitas air kolam dengan rutin memeriksa pH air dengan menggunakan pH meter ataupun kertas lakmus. Air dengan memiliki kualitas terbaik adalah air dengan pH netral yakni sekitar angka 6,5 hingga 7,5. Namun jika air terlalu basa Anda bisa menambahkan asam fosfor. Namun, jika air terlalu asam, Anda bisa menambahkan soda kue ke dalam kolam.
Panen Ikan Gurame Pada Waktu yang Tepat
Untuk budidaya ikan gurame di kolam terpal tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika Anda memasukkan ikan gurame dengan bobot 2,5 ons maka Anda bisa memanennya 5 bulan kemudian dengan bobot ikan yang dapat mencapai 7 ons.
Bagaimana? sangat mudah bukan beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan budidaya ikan gurame di kolam terpal dengan baik dan benar. Telaten dalam melakukan budiaya ikan merupakan salah satu hal penting agar Anda bisa mendapatkan ikan gurame dengan kualitas yang tinggi.


Previous Post
Next Post

0 komentar: