Selasa, 10 Mei 2022

TEKNIK PEMBENIHAN IKAN TAWES

 

Ikan Tawesmerupakan salah satu ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis, oleh karena itu ikan ini banyak dibudidayakan di wilayah Kecamatan Karangmoncol. Salah satu segmen dalam budidaya ikan tawes adalah pembenihan yang telah dilakukan oleh petani Desa Tamansari dan desa Tunjungmuli.

Adapun tahapan pembenihan ikan tawes adalah sebagai berikut :

 

Seleksi Induk

Benih tawes yang berkualitas berasal dari induk dengan kualitas baik pula. Jumlah benih yang dihasilkan pun akan sangat dipengaruhi oleh pilihan induk tawes untuk pemijahan. Secara umum, induk tawes yang baik mempunyai ciri-ciri tertentu. Jarak antara lubang anus dan pangkal ekor relatif dekat dengan pangkal ekor yang lebar dan kokoh. Indukan yang ideal mempunyai kepala dengan ukuran relatif kecil dan meruncing. Sisik pada tubuh ikan tawes indukan berukuran besar dan tersebar teratur.

Ikan tawes yang siap dijadikan indukan mempunyai umur ideal yang berlainan. Ikan tawes jantan yang dipilih untuk indukan sebaiknya sudah berusia lebih dari 1 tahun sedangkan ikan tawes betina yang akan dijadikan indukan sebaiknya seudah berusia lebih dari 1,5 tahun. Tentunya indukan yang siap dipijah harus sudah matang gonad atau kelamin. Untuk itu, beberapa ciri bisa dilihat baik dari ikan tawes jantan maupun ikan tawes betina.

Ikan tawes betina yang siap dijadikan indukan mempunyai perut yang mengembang ke arah lubang genital dan terasa lembek jika diraba. Lubang anus ikan tawes berwarna kemerahan dan tutup insang akan terasa lebih licin jika diraba. Cairan berwarna kehitaman akan keluar jika perut ikan diurut ke arah ekor.

Ikan tawes jantan yang siap dijadikan indukan mempunyai tutup insang yang akan terasa lebih kasar bila diraba dengan tangan. Meskipun ukuran perutnya lebih kecil, cairan keputihan akan keluar jika perut ikan diurut ke arah ekor.

Persiapan Kolam Pemijahan

Untuk proses pemijahan, kolam pemijahan yang digunakan sekaligus digunakan untuk penetasan dan pendederan. Kolam sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memijah indukan. Pematang perlu diperbaiki dan dasar kolam perlu dibuat saluran memanjang dari tempat masuk air ke tempat keluar air. Saluran yang dibuat mempunyai lebar 40 cm dengan tinggi 20-30 cm.

Pelepasan Indukan

Setelah indukan ikan tawes dipilih dengan seksama, induk jantan dan betina yang akan dipijahkan ditempatkan dalam kolam perawatan yang berbeda. Proses ini disebut proses pemberokan yang dilakukan selama 4-5 hari. Pemisahan ini sekaligus dilakukan sebagai cara perawatan induk. Setelah itu, barulah induk jantan dan betina dimasukkan dalam kolam pemijahan saat ketinggian air mencapai sekitar 20 cm. Induk yang dilepaskan mempunyai perbandingan jumlah 1:2 untuk induk betina dan induk jantan yang sudah siap memijah.

Pada sore hari sekitar pukul empat setelah pemasukan induk yang siap pijah, aliran air ke dalam kolam diperbesar. Proses perkawinan induk diawali dengan proses kejar-kejaran di sekitar tempat masuknya air ke dalam kolam. Antar pukul tujuh dan sepuluh malam, induk ikan tawes biasanya sudah memijah.

Penetasan Telur Ikan Tawes

Arus air ke dalam kolam pemijahan yang sekaligus digunakan kolam penetasan dan pemeliharaan setelah induk ikan tawes menetas sebaiknya diperkecil agar telur tidak hilang terbawa arus. Telur baru dicek di kakaban pada pagi harinya dengan menggunakan lidi terutama di area dangkal kolam. Proses penetasan selesai sempurna setelah 2-3 hari. Proses pemeliharaan ikan hasil penetasan ini dilakukan di dalam kolam yang sama selama sekitar 21 hari dengan pemberian pakan yang sesuai.

Pengambilan Hasil Benih

Panen benih ikan bisa dilakukan pada pagi hari dengan cara menyurutkan air di dalam kolam. Benih yang terjebak dalam saluran kamalir atau caren ditangkap menggunakan seser atau waring. Benih yang sudah dikumpulkan kemudian bisa ditempatkan di dalam hapa yang sudah diletakkan dalam saluran air yang mengalir tidak begitu deras. Setelah melewati tahap penyortiran, bibit bisa dijual atau ditebar ke kola pendederan untuk dibesarkan sebelum siap dijual untuk ikan konsumsi.

Previous Post
Next Post

0 komentar: