Sabtu, 10 Juni 2023

Kelompok Ikan Hias di Mangunegara Siap Berebut Pasar


Smart Fisheries Village Desa Mangunegara Kabupaten Purbalingga adalah sebuah proyek inovatif yang menitikberatkan pada beberapa cluster, dan salah satunya adalah cluster ikan hias. Di dalam cluster ikan hias ini, terdapat beberapa jenis ikan yang sedang dikembangkan. Beberapa di antaranya adalah jenis ikan mas koki ryukin, koki rancu, blue polar, remirezi blue electric, platy sanke, platy cendrawasih, platy kohaku, manfish, green sumatra balon, udang cherry black coco, udang cherry yellow, rasbora galaxy, guppy, dan glowfish.

Untuk memastikan kesuksesan cluster ini, penyuluh perikanan pendamping dengan setia mengawal setiap kegiatan di dalamnya. Mereka bekerja sama erat dengan kelompok ikan hias bernama "Manfish" yang merupakan kepanjangan dari Mangunegara Fisheries atau Perikanan Desa Mangunegara. Kelompok ini terdiri dari individu-individu yang bersemangat dan memiliki motivasi yang kuat di bidang ikan hias. Bersama-sama, mereka bekerja menuju tujuan bersama yaitu mengembangkan ikan hias berkualitas tinggi dan sehat. Upaya mereka meliputi berbagai aspek budidaya ikan, seperti pemberian pakan yang tepat, pencegahan penyakit, dan pemeliharaan habitat yang baik.

Kehadiran penyuluh perikanan sangat penting di dalam cluster ini karena mereka memberikan panduan dan dukungan berharga kepada para pembudidaya ikan hias. Mereka mendeseminasikan (membagikan) pengetahuan tentang teknik pembenihan dengan cara yang lebih modern, memperkenalkan strategi efektif untuk pemasaran dan penjualan, serta memberikan bantuan dalam memperoleh izin dan sertifikasi yang diperlukan. Selain itu, penyuluh perikanan ini juga dapat menyelenggarakan penyuluhan untuk mendidik dan melatih para pembudidaya ikan hias terutama pembenih tentang pengetahuan teknis di bidang budidaya.

Smart Fisheries Village Mangunegara Purbalingga bercita-cita menjadi pusat produksi ikan hias yang tidak hanya melayani para penggemar lokal, tetapi juga pasar nasional dan internasional yang lebih luas. Dengan fokus pada praktik yang berkelanjutan dan menjaga standar kualitas dan kesehatan ikan yang tinggi, cluster ini bertujuan untuk menjadi sumber ikan hias premium yang dapat diandalkan. Jadi, mari kita bersama-sama mendukung usaha mereka dan jangan lupa untuk membeli ikan hias yang indah ini untuk mempercantik akuarium kita. (Max)

Previous Post
Next Post

0 komentar: