Kamis, 15 Februari 2018

PAKAN ALTERNATIF IKAN

Selain pelet ternyata ada juga pakan ikan alternative yang sudah disediakan oleh alam, dan kita gak perlu repot-repot mengolahnya apalagi pusing dengan harga pakan pellet yang lumayan mahal. 

1. Daun Talas atau Daun Keladi
Tumbuhan talas atau keladi iini merupakan tanaman yang berumbi, sering kali umbi dari talas ini dikonsumsi sebagai bahan pangan yang tidak kalah enaknya. Sebelum dikonsumsi iasanya umbinya ini direbus terlebih dahulu. Nah, daun dari tanaman keladi atau talas ini dimanfaatkan untuk pakan ikan, tinggal potong batangnya dan sebarkan daunnya ke kolam. Biasanya daun talas ini digunakan untuk pakan ikan nila, dan bisa juga untuk ikan gurameh.

2. Daun Pepaya
Siapa yang tidak tahu dengan pohon yang satu ini, yang berbuah sangat manis ketika buahnya matang berwarna jingga ini, ya papaya. Dari pohon papaya ini bisa kita manfaatkan daunnya untuk pakan ikan juga, manfaat lain yang terkandung dalam daun papaya ternyata sangat banyak untuk ikan seperti berikut :

  • Obat setres saat ikan sedang kepanasan atau saat ikan baru di beli dan di masukan dalam kolam pembenihan atau penebaran.
  • Obat agar ikan bisa lebih santai dan slow dalam kolam. Caranya rajang halus daun pepaya trus sdikit di remas-remas, kalau sdh layu/lecek tebarkan ke kolam.
  • Mengurangi sifat kanibalisme di antara sesama ikan lele. Caranya cincang lembut daun pepaya terus di beri sedikit tetes tebu/Molase lalu di aduk-aduk sampai rata, biarkan kurang lebih selama 15 menit, baru di kasihkan ke ikannya, Pakan alami sebagai penambah daya imunitas pada Lele.
  • Untuk sterilisasi air kolam dari penyakit. Caranya adalah ambil daun pepaya dan tangkainya secukupnya sesuai dengan luas kolam yang anda miliki, perbandinganya 1 gengggam untuk 1 mtr persegi, cincang/rajang daun pepaya kecil-kecil terus di tumbuk sampai halus trus di tebar ke kolam secara merata.
  • Sterilisasi Kolam Terpal agar ikan tidak banyak yang mati saat penebaran benih dan pembesaran juga pemeliharaan. Caranya ambil daun pepaya terus tumbuk sampai halus kemudian campur degan air dan semprotkan ke seluruh permukaan daripada terpal atau campur dgn air kemudian di aduk-aduk diamkan selama 15 menit terus di saring dan di semprotkan ke seluruh permukaan terpal baru, biarkan ramuan kering Kurang lebih 5 hari kemudian bersihkan kolam dari kotoran daun pepaya bilas sampai bersih, kemudian kolam diisi air.

3. Daun Ubi Jalar
Tanaman ini ternyata sangat bagus untuk pakan ikan karena menambah nafsu makan dan kekebalan terhadap penyakit. Cara pemberian berdasarkan bobot ikan total. Setiap 100 kg bobot ikan diberi 30 kg daun ubi jalar. Daun ubi jalar juga dapat digunakan untuk pencegah stres ikan saat pengangkutan keluar kota. Caranya, benih ikan seukuran daun kelor sebanyak 300 ekor dimasukan ke jeriken. Kemudian, kedalam jeriken dimasukan daun ubi jalar kira-kira 20 lembar sesudah diremas-remas hingga keluar cairan berwarna hijau dan berlendir. Ampas tidak perlu diangkat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: