Selasa, 08 November 2016

Nelayan Sungai Di Kec Karanganyar Siap Menjaga Sungai

Karanganyar-Purbalingga.  Para nelayan sungai di Kec. Karanganyar khususnya di wilayah desa Bungkanel, Maribaya dan Buara dalam beberapa hari kedepan menyatakan siap menjaga sungai.  Hal ini berkaitan dengan telah dilakukannya penebaran bibit ikan (restocking) di tiga lokasi yaitu sungai Tuntung Gunung Desa Buara, sungai Laban Desa Bungkanel dan sungai Kuning di Desa Maribaya.  Penjagaan sungai dimaksudkan supaya bibit ikan yang ditebar tidak dijala atau diseser oleh masyarakat.  Bibit ikan yang ditebar dalam beberapa hari masih membutuhkan adaptasi di lingkungan sungai sehingga perlu dilakukan upaya pengamanan.   

Penebaran bibit ikan yang difasilitasi oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purbalingga ini dilakukan atas usulan dari pemerintah desa dikarenakan makin banyaknya masyarakat/nelayan sungai yang menangkap ikan di sungai tetapi tidak ada benih yang ditebar sehingga hasil tangkapan berkurang.  Adapun jenis ikan yang ditebar yaitu Tawes, Nilem dan Nila dengan jumlah bibit 9.000 ekor untuk desa Bungkanel dan desa Buara sedangkan bibit 6.000 ekor untuk desa Maribaya karena sungainya relatif dangkal.

Pelaksanaan penebaran ikan telah dilakukan pada hari Kamis tanggal 21 Juli 2016 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Purbalingga, Ir. Sediyono beserta staff; Staff Kecamatan; Kepala Desa dan Perangkat Desa; Penyuluh Perikanan Kec. Karanganyar; Babinsa; nelayan sungai serta masyarakat sekitar.  Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengingatkan kepada semua unsur masyarakat untuk menjaga dan melestarikan sumberdaya ikan dengan menjaga kebersihan sungai.  Adapun dalam melakukan aktifitas penangkapan ikan tidak menggunakan cara penyetruman atau meracuni sungai dengan bahan kimia berbahaya karena selain melanggar Undang-Undang No. 45 Tahun 2009 tentang Perikanan juga berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.  Harapannya dengan penebaran bibit ikan ini bisa menambah kesadaran dalam melestarikan lingkungan sungai dan bisa meningkatkan pendapatan nelayan dan atau masyarakat dengan upaya penangkapan ikan yang lestari.

Kontributor : Priya Kusumayadi, S.Pi. selaku Penyuluh Perikanan Muda di Kecamatan Karanganyar - Kabupaten Purbalingga
Previous Post
Next Post

0 komentar: