Selasa, 20 September 2022

MANFAAT MAKAN IKAN AIR TAWAR



Kabupaten Purbalingga wilayahnya tidak ada yang berbatasan langsung dengan lautan, oleh karena itu jarang dijumpai ikan laut, kalaupun ada biasanya dikirim dari Pemalang atau Cilacap.
Adapun pembudidaya ikan di Purbalingga semuanya membudidayakan ikan air tawar, seperti lele, gurami, patin, nila, tawes, mas dll.
Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi ikan air tawar adalah sebagi berikut :
1. Menurunkan risiko penyakit jantung
Mengonsumsi ikan air tawar baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sejumlah penelitian menunjukkan, ikan jenis ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
Kandungan lemak yang rendah, tinggi protein, dan asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan jantung.

2. Kesehatan otak
Ikan ini juga menjaga kesehatan otak. Fungsi otak manusia menurun seiring bertambahnya usia. Konsumsi ikan dapat menghambat penurunan fungsi otak, terutama bagian emosi dan memori.
3. Mengatasi depresi
Rutin makan ikan jenis ini juga dapat mengurangi stres dan depresi. Kandungan omega-3 di dalam ikan dapat berperan sebagai antidepresan.
4. Meningkatkan kualitas tidur
Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu pembentukan vitamin D. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan juga fungsi tubuh terkait vitamin D.
5. Mengurangi risiko penyakit autoimun
Nutrisi dalam ikan air tawar dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, artritis reumatoid, dan sklerosis multipel.


Previous Post
Next Post

0 komentar: